TEORI AGENDA SETTING OLEH MC COMBS DAN DL SHAW
TEORI AGENDA SETTING OLEH MC COMBS DAN DL SHAW
Agenda-setting
diperkenalkan oleh McCombs dan DL Shaw (1972). Asumsi teori ini adalah bahwa
jika media memberi tekanan pada suatu peristiwa, maka media itu akan
mempengaruhi khalayak untuk menganggapnya penting. Jadi apa yang dianggap
penting media, maka penting juga bagi masyarakat. Dalam hal ini media
diasumsikan memiliki efek yang sangat kuat, terutama karena asumsi ini
berkaitan dengan proses belajar bukan dengan perubahan sikap dan pendapat.
Secara singkat
:
Apa yang dianggap penting oleh
media (agenda media) juga akan dinilai penting /=hangat/=sering dibicarakan
oleh khalayak (agenda publik)
media massa menampilkan kenaikkan BBM sebagai berita utama, dan hampir
semua media massa memberitakannya di halaman utama. Berita-berita ini tidak
saja dimuat sehari saja tetapi dalam jangka tertentu. Kemudian media massa
secara terus menerus memberitakan bagaimana dampak negatif akibat kenaikkan
tersebut serta ulasan-ulasan yang menekankan bahwa pemerintah seharusnya bisa
ambil jalan lain. Penempatan berita BBM di halaman utama tersebut – yang
berarti dianggap penting oleh media massa – akan mempengaruhi audiens dan
kemudian audiens menganggap penting berita dan ulasan tentang BBM. Pemberitaan
dan ulasan media massa tersebut kemudian dapat membentuk pendapat umum.
Ulasan-ulasan yang bernada kurang memihak pemerintah yang ditampilkan oleh
media massa perlahan-lahan dapat membentuk pendapat umum. Bisa jadi pendapat
umum tersebut kemudian berkembang kepada menentang kenaikkan BBM secara
besar-besaran.
Post a Comment