Header Ads

MATERI KULIAH KAMPANYE POLITIK | STUDI KOMUNIKASI POLITIK

 KAMPANYE POLITIK | STUDI KOMUNIKASI POLITIK

MATERI KULIAH KAMPANYE POLITIK | STUDI KOMUNIKASI POLITIK


Definisi Kampanye

Roger dan Storey mendefinisikan kampanye sebagai : ”Serangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu”

 

Pfau dan Parrot (1993) memiliki rumusan tentang kampanye sebagai berikut : “A Campaign is conscious, sustained and incremental process designed to be implemented over a specified period of time for the purpose of influencing a specified audience” (kampanye adalah suatu proses yang dirancang secara sadar, bertahap dan berkelanjutan yang dilaksanakan pada rentang waktu tertentu dengan tujuan mempengaruhi khalayak sasaran yang telah ditetapkan)

 

Kampanye komunikasi adalah tindakan komunikasi yang terorganisir yang diarahkan pada khalayak tertentu, pada periode waktu tertentu guna mencapai tujuan tertentu

 

JenisKampanye

 Charles U Larson (1992) membagi 3 jenis kampanye :

  • Product-oriented campaigns, kampanye yang berorientasi pada produk umumnya terjadi di lingkungan bisnis. Motivasinya adalah memperoleh keuntungan finansial
  • Candidat-oriented campaign, kampanye yang berorientasi pada kandidat umumnya dimotivasi oleh hasrat untuk memperoleh kekuasaan politik. Jenis ini sering juga disebut political campaigns
  • Ideologically campaigns, jenis kampanye yang berorientasi pada tujuan-tujuan yang bersifat khusus dan seringkali berdimensi perubahan sosial. Disebut juga sebagai social change campaigns

 

Dari sudut kampanye dilakukan, kampanye terdiri dari :

  • kampanye informatif
  • kampanye komunikatif

 

Dari sudut tujuan kampanye :

  • informatif
  • Persuasif

 

Kampanye dan Media

 Klapper dalam McQuail, 1987 membedakan enam jenis perubahan yang mungkin terjadi akibat penggunaan media massa dalam kampanye yakni :

  •  Menyebabkan perubahan yang diinginkan (konversi)
  • Menyebabkan perubahan yang tak diinginkan
  • Menyebabkan perubahan kecil (baik dalam bentuk maupun intensitasnya)
  • Memperlancar perubahan (diinginkan atau tidak)
  • Memperkuat apa yang  ada (tidak ada perubahan)
  • Mencegah perubahan


Kecenderungan Pemanfaatan media

 Ada dua kecenderungaan penyelenggaraan kampanye dalam memanfaatkan media.

  • Pertama adalah mereka yang menerapkan strategi kampanye satu arah (uni-directional campaign). Dalam hal ini tindakan mempengaruhi khalayak dilakukan secara tidak langsung. Di sini pelaku sepenuhnya mengendalikan media massa. Strategi ini disebut media oriented campaign.
  • Kelompok kedua menerapkan kampanye yang bersifat dua arah (bi-directional campaign). Penyelenggara kampanye dalam konteks ini menyedari keterbatasan media massa dalam mempengaruhi khalayak sasaran. Karena itu, pemanfaatan saluran komunikasi kelompok dan antarpribadi sangat dipentingkan untuk mengoptimalkan pesan-pesan yang disampaikan lewat media massa. Strategi ini disebut juga audience oriented campaign.

 

Kendala Dalam kampanye Evaluasi

Kompleksitas horizontal dan verikal. Kampanye komunikasi seringkali bertujuan untuk secara serentak memepengaruhi sejumlah sektor : sosial, fisikal, ekonomis dan politis (kompeksitas horizontal). Kampanye juga dimaksudkan untuk memperoleh efek dalam pikiran dan prilaku sasaran pada tingkat individu, komunitas dan sistem.

  • Sifat intervensi yang tidak dapat diramalkan
  • pengaruh-pengaruh konstekstual dan mengaburkan
  • Akses pada kelompok kontrol atau pembanding
  • Kekurangan pengetahuan atau ketepatan efek
  • tak adanya alat-alat yang diperlukan

 

Jenis Evaluasi

  • Evaluasi Formatif
  • Evaluasi Proses
  • Evaluasi Efek

No comments